Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Internasional Tanggal 12 Januari

Sejarah Internasional Tanggal 12 Januari

Peristiwa 1297

Pada tanggal 12 Januari 1297, Ratu Margaret I dari Skotlandia mengkonsolidasikan kekuasaannya dengan menyatukan Skotlandia, Inggris, dan Wales dalam satu kerajaan bernama "Kerajaan Skotlandia-Inggris-Wales."

Peristiwa 1848

Pada tanggal 12 Januari 1848, Amerika Serikat mengakui Republik Meksiko sebagai negara merdeka setelah perang Meksiko-Amerika.

Peristiwa 1941

Pada tanggal 12 Januari 1941, Presiden Franklin D. Roosevelt menyampaikan pidatonya yang terkenal dikenal sebagai "Discourse on the Four Freedoms" di Kongres AS. Pidato tersebut menjabarkan empat kebebasan yang diinginkan oleh negara: kebebasan berbicara, berpikir, beribadah, dan terhindar dari kekurangan.

Isi pidato Discourse on the Four Freedoms

Pidato "Discourse on the Four Freedoms" oleh Presiden Franklin D. Roosevelt pada tanggal 12 Januari 1941, menjabarkan empat kebebasan yang diinginkan oleh negara:

  1. Kebebasan berbicara: Setiap orang berhak untuk mengekspresikan pendapatnya tanpa rasa takut akan represi.
  2. Kebebasan berpikir: Setiap orang berhak untuk mengejar pendidikan dan ilmu pengetahuan tanpa terkungkung oleh diskriminasi atau ketakutan.
  3. Kebebasan beribadah: Setiap orang berhak untuk beribadah atau tidak beribadah sesuai dengan keyakinannya tanpa intervensi dari pemerintah.
  4. Kebebasan terhindar dari kekurangan: Setiap orang berhak untuk hidup dengan makanan, pakaian, dan perlindungan yang cukup untuk kesehatan dan keselamatan mereka.

1990

Pada tanggal 12 Januari 1990, Unions Soviet melepaskan Latvia, Lituania, dan Estonia dari kendali mereka, menandakan berakhirnya kontrol Soviet atas negara-negara Baltik.

Post a Comment for "Sejarah Internasional Tanggal 12 Januari"